Recent Posts

Januari 11, 2011

Taman Lansia, Taman dengan fungsi lengkap di Bandung

Di Bandung dihiasi oleh beberapa taman. Salah satunya adalah Taman Cilaki, yang kemudian diganti namanya menjadi Taman Lansia. Entah mengapa dinamai Taman Lansia, apa karena banyak orang lanjut usia datang untuk jalan pagi atau apa…

Taman ini, menjadi salah satu favorit saya. Lebih dari 20 tahun lalu ketika saya bersekolah di SMU Negeri 20 [sebelah taman Cilaki], taman ini menjadi salah satu tempat nongkrong favorit saya dan teman-teman. Taman ini terletak di antara 2 jalan Jl. Cilaki dan Jl. Cisangkuy. Lebih mudah mencarinya kalau kita bilang di sebelah Gedung Sate, kalau patokannya utara berarti berada di sebelah kanan Gedung Sate.

Aktivitas di Taman Lansia/Cilaki, Dok. Pribadi


Ternyata bukan hanya saya yang menjadikan taman ini salah satu tempat favorit. Ada banyak orang yang datang dan pergi. Pagi hari, taman ini sudah ramai oleh orang-orang yang berolah raga di taman ini. Ada yang sekedar jalan sehat, ada juga yang sambil berlari. Kebanyakan dari mereka orang tua. Siang ke sore hari agak berubah banyak anak muda yang mengunjungi taman ini. Sekedar ngobrol, berduaan, nongkrong, tiduran, baca buku dan berbagai aktivitas lainnya.

Hal lain yang sangat menarik adalah di sekitar taman ini banyak sekali pedagang makanan, warung tenda juga dalam bentuk resto atau café. Pedangan mainan, barang bekas juga tidak mau ketinggalan untuk melebur di kawasan taman ini. Uniknya setiap hari Sabtu Minggu atau hari libur, taman ini akan menjadi lebih ramai. Ada sewa becak mini, naik kuda keliling taman, yang jualan mainan dan makan juga menjadi lebih banyak.

Hampir setiap hari saya melewati Taman Lansia ini [karena pulang pergi kantor pasti lewat taman ini J] dan selalu penuh dengan aktivitas. Udara segar, banyak pepohonan besar, taman tertata raipih, indah, ada sebuah sungai kecil mengalir, benar-benar membuat suatu suasana yang sangat menyenangkan.


Sebagai tambahan informasi, beberapa tempat makan favorit di Bandung, juga berada di seputaran taman ini. Yoghurt Cisangkuy, Rumah Nenek, Pusat Jajanan Supratman, Ayam Bakar Lombok, RM Raja Melayu, Timbel Istiqomah dan banyak lainnya. Beberapa tempat menarik juga ada di sini, Museum Geologi, Museum Pos Indonesia, Gedung Sate, dan RRI Bandung.

Taman kota sebetulnya merupakan sebuah ruang terbuka yang dapat mengintegrasikan antara lingkungan, masyarakat, dan kesehatan di lingkungan perkotaan dengan mempromosikan sebuah pendekatan ekologis terhadap kesehatan dan kesejahteraan manusia yang didasari pada kontak dengan alam. Selain itu, taman kota juga bermanfaat secara lingkungan, estetis, rekreasi, psikologis, sosial, serta ekonomis bagi masyarakat perkotaan. Nah berdasarkan pernyataan ini Taman Lansia atau Taman Cilaki memenuhi semua fungsi tersebut, sayangnya tidak ada toilet di taman ini.



2 komentar:

Nur Kasim mengatakan...

Toilet sudah ada sejak lama, terletak di tengah dekat sungai kecil dengan bangunan permanent

sempena hati mengatakan...

wah thanks banget untuk informasinya Mas, saya sekolah di dekat situ tapi baru tahu sekarang. :)

Posting Komentar